Membuat Koneksi Database MySQL dengan PHP

Di PHP koneksi dengan database MySQL dapat dilakukan dengan menggunakan MySQLi dan PDO, tapi pada tulisan ini kita akan bahas koneksi dengan menggunakan MySQLi saja. Koneksi dengan menggunakan MySQLi sendiri memiliki dua macam cara, yaitu secara Prosedural dan Object-Oriented.

//Prosedural
mysqli_connect()

//Object-Oriented
new mysqli()

Membuka koneksi database MySQL PHP

Sebelum dapat menampilkan, menambah, merubah dan menghapus isi tabel dari database, pertama yang harus kita mulai buat adalah script koneksi agar terhubung ke database. Berikut script koneksi ke database dengan cara prosedural menggunakan mysqli_connect 

1. Koneksi Prosedural

<?php
$dbhost= "localhost";
$dbuser= "root";
$dbpassword = "";
$dbname= "nama_database";

// Membuat koneksi
$conn = mysqli_connect($dbhost, $dbuser, $dbpassword, $dbname);

// Mengecek koneksi
if (!$conn) {
  die("Koneksi gagal: " . mysqli_connect_error());
}
echo "Koneksi berhasil";
?>

2. Koneksi Object-Oriented

<?php
$dbhost= "localhost";
$dbuser= "root";
$dbpassword = "";
$dbname= "nama_database";

// Membuat koneksi
$conn = new mysqli($dbhost, $dbuser, $dbpassword, $dbname);

// Mengecek koneksi
if ($conn->connect_error) {
  die("Koneksi gagal: " . $conn->connect_error);
}
echo "Koneksi berhasil";
?>

Kita bisa menggunakan salah satu dari script koneksi di atas untuk membuat koneksi PHP ke MySQL. Setelah script ditulis bisa simpan dengan nama koneksi.php (jangan lupa tempat penyimpanan nya adalah folder yang dapat diakses oleh server (apache), defaultnya di ./xampp/htdocs/.

Pada script diatas empat baris pertama menunjukkan setting variable untuk menghubungkan antara code PHP ke database MySQL, $dbhost menunjukkan nama host (server) biasa jika menggunakan xampp defaultnya adalah localhost, $dbuser untuk username defaultnya adalah root, jika Anda telah merubah atau menambah user sendiri untuk database yang Anda buat maka $dbuser berisi nama user dan $dbpassword adalah password untuk user yang sama, sedangkan $dbname merupakan nama database yang akan kita koneksikan.

Jika penulisan dan pengaturan sudah sesuai ketika script diatas dijalankan yang akan muncul adalah tulisan "Koneksi berhasil" tanpa tanda petik pada browser. Maka Anda sudah dapat mengkonekkan MySQL dan PHP, seterusnya Anda dapat menambah script yang lain seperti Menampilkan, Menambah, Merubah dan Menghapus data.

Menutup koneksi database MySQL PHP

Koneksi yang sudah kita buat akan tertutup otomatis ketika script telah selesai dijalankan, akan tetapi jika kita ingin menutup koneksi sebelum script seelsai dijalankan semua makan dapat menggunakan:

1. Prosedural

mysqli_close($conn);

2. Object-Oriented

$conn->close()

Sampai sini Anda sudah dapat membuat koneksi antara PHP dan database MySQL, pada tutorial selanjutnya akan dibahas bagaimana menampilkan data, menambah dan merubah serta menghapus data MySQL dari PHP.