Metode WP dalam Sistem Pendukung Keputusan

Metode Weighted Product atau biasa disingkat WP adalah salah satu metode penyelesaian untuk masalah MADM (Multi Attribute Decision Making). Metode ini meng-evaluasi beberapa alternatif terhadap sekumpulan atribut atau kriteria, dimana setiap atribut saling tidak bergantung satu dengan yang lainnya.

Menurut Yoon (Kusmarini, 2006), metode Weighted Product menggunakan teknik perkalian untuk menghubungkan rating atribut, dimana rating tiap atribut harus dipangkatkan terlebih dahulu dengan bobot atribut yang bersangkutan. Proses ini sama halnya dengan proses normalisasi.

Menurut saya metode WB ini berada satu tingkat diatas Metode SAW dan dibawah satu tingkat dari Metode Electre baik dari tingkat kesulitan perhitungannya dan dari langkah-langkahnya yang terbilang cukup pendek, hanya terdiri dari tiga (3) langkah.

Langkah-langkahnya sebagai berikut:

1. Perbaikan Bobot Kriteria, Bobot diperbaiki sehingga total bobot = 1 dengan persamaan sebagai berikut:

wp_1

2. Menghitung Vektor S, Langkah ini sama seperti langkah normalisasi. Menggunakan persamaan berikut:

wp_2

dimana ∑w=1. wadalah pangkat bernilai positif untuk kriteria keuntungan dan bernilai negatif untuk kriteria biaya.

3. Menghitung Vektor V, atau preferensi relatif dari setiap alternatif. Menggunakan persamaan berikut:

wp_3

 

Metode WP ini metode yang relatif mudah diimplementasikan menjadi aplikasi atau program, untuk contoh perhitungan manual dan source code dapat dilihat disini, contoh aplikasi Metode WP beserta perhitungan manualnya